Amazing Grace

Saya dibesarkan oleh simbah yang sangat suka nembang, beliau adalah sosok yang nyeni. Lagu yang simbah tembangkan membuat simbah lebih semangat melakukan aktivitas. Demikian juga saya, tetapi karena suara saya yang pas-pasan, saya lebih suka mendengarkan lagu. Salah satu lagu yang membuat hati saya tersentuh adalah lagu Amazing Grace. Lagu ini sungguh sangat menguatkan saya. Karena sangat tertarik dengan lagu Amazing Grace ini, saya mencoba mencari tahu latar belakang dibuatnya lagu ini.


Lagu ini diciptakan oleh John Newton. Suatu ketika John Newton mengalami situasi sangat sulit, kapal yang dinaikinya mengalami bencana. Kapal tersebut diombang ambingkan oleh badai yang sangat dasyat. John sangat ketakutan. Ia berdoa kepada Allah supaya menyelamatkannya.
Dan seperti mukjizat, John berhasil selamat. Peristiwa ini menjadi tirik balik kehidupan John. Ia bertobat. Sebelumnya, ia berkecimpung di dunia perdagangan budak, namun kemudian ia memilih jalan untuk menyerahkan diri untuk melayani Tuhan.Pengalamannya diselamatkan dari badai tersebut melahirkan sebuah lagu Amazing Grace. Lagu yang sederhana namun sarat makna. Lagu sebagai ungkapan syukur atas anugerah Allah yang begitu besar. Lagu yang banyak menghibur di saat situasi yang sulit. Lagu ini juga mengetuk hati William Wilberforce, seorang anggota senator Inggris untuk berjuang menghapus perdagangan budak kulit hitam. Meskipun melalui waktu yang lama, akhirnya segala bentuk perbudakan dihapuskan di Inggris.

Pertobatan yang sejati pada hakikatnya haruslah memiliki daya ubah. Bagaimana pertobatan tersebut sungguh berdampak. Berdampak dalam relasi dengan Allah dan sesama. Memaknai setiap anugerah penyelamatan dari Allah dengan menjadi penolong bagi sesama. Penolong yang memberi tindakan nyata. Terutama di situasi sulit seperti hari ini. Bagaimana pertobatan kita sungguh bisa menggerakkan kita untuk membantu sesama yang kesulitan. Tidak harus melakukan hal besar, melakukan hal yang kecilpun asalkan disertai dengan niat yang tulus akan sangat berarti. Sehingga melalui kehadiran kita, anugerah Allah sungguh bisa dirasakan oleh orang orang di sekitar kita. Bekasi, 18 April 2020 (YN)
(Tengah malam sunyi diiringi lagu Amazing Grace)

Amazing Grace
Amazing Grace, How sweet the sound
That saved a wretch like me
I once was lost, but now am found
T’was blind but now I see

T’was Grace that taught my heart to fear
And Grace, my fears relieved
How precious did that grace appear
The hour I first believed

Through many dangers, toils and snares
We have already come.
T’was grace that brought us safe thus far
And grace will lead us home,
And grace will lead us home

Amazing grace, Howe Sweet the sound
That saved a wretch like me
I once was lost but now am found
T’was blind but now I see

Was blind, but now I see.